PEMBAHASAN SOAL TES CPNS

DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL PNS

Anda yang sedang mempersiapkan untuk tes PNS sangat beruntung nyasar di blog ini. Karena berikut akan saya sajikan pembahasan soal PNS secara lengkap dan Gratis ! Solahkan klik link-link berikut untuk mendownlad pembahasan soal tes cpns.


Tips : Agar lebih mudah dan lebih cepat mendownload, gunakan UC BROWSER, lebih cepat dan tidak repot di banding opera mini. Silahkan download disini secara Gratis. Itung-itung untuk membantu admin. : UC BROWSER

setelah itu kemudian anda bisa download pembahasan soal cpns berikut


BENTUK SOAL PANDUAN CPNS (password : newcpnsonline.com)
PEMBAHASAN SOAL CPNS (password : newcpnsonline.com) Sebenernya masih banyak lagi soal-soal cpns lainnya.Tapi nanti saya share dipostingan berikutnya.

Related Posts:

KH. Yusuf Mansyur-Al Fatihah

Suara KH Yusuf Mansyur memang sangat merdu pada saat melantunkan ayat-ayat suci Alquran. Sehingga membuat siapa saja yang mendengarkannya menjadi tersentuh dan ingin selalu mendengarkan lantynan ayat tersebut. Berikut saya sajikan link download yang dapat digunakan secara gratis.


Tips : Agar lebih mudah dan lebih cepat mendownload, gunakan UC BROWSER, lebih cepat dan tidak repot di banding opera mini. Silahkan download disini GRATIS UNTUK SEMUA jenis hp. Unduh UCBrowser

Related Posts:

BIDIKMISI adalah...

BIDIKMISI

Bidikmisi adalah bantuan pendidikan dari pemerintah bagi siswa kurang mampu untuk melanjutkan kuliah. Jadi jika kamu pengen kuliah tapi gak mampu dalam biaya, daftar bidikmisi aja. Gampang kok caranya. Tar aku jelasin di artikel berikutnya. Disini kita fokus dulu pada pengertian apa sih bidikmisi itu.

Banyak yang salah persepsi kalo bidikmisi itu seleksi untuk masuk universitas. Tapi bukan ! Bidikmisi itu bukan seleksi masuk perguruan tinggi, untuk dapat menerima bantuan bidikmisi itu kamu harus lolos dulu seleksi dari PT, baik lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun SPMU. Setelah lolos seleksi tersebut, barulah kamu diseleksi bidikmisi.

Nah, syarat untuk masuk menjadi mahasiswa bidikmisi adalah sebagai berikut :
1. Gak Mampu
Jadi kalo ortumu masih mampu, jangan coba-coba daftar BM ya !
2. Tekun
3. Sabar
4. BEJO.
Kamu gak perlu pinter, yang penting bejo, jujur, trus punya poin-poin diatas, jadi gak usah minder kalo kamu ngersa gak terlalu pinter. Yang penting terus berusaha. Jangan patah semangat.

Sekian tulisan amburadul dari saya ini. Semoga ada yang dapat diambil manfaatnya. Dan tunggu tulisan mengenai bidikmisi selanjutnya ya.

Related Posts:

PRESENTASI ? SIAPA TAKUT !

Presen.png

Presentasi didepan kelas memang akhir-akhir ini digalakkan oleh para pendidik kita, mulai dari tingkat Kuliah, SMA, SMP, bahkan tingkat SD pun sudah diberi tugas untuk mempresentasikannya didepan kelas. Nah, lalu bagaimana kiat agar presentasi yang kita bawakan memperoleh penilaian yang bagus dari para pendengar ? Yuk ikuti tips ampuh dibawah ini :


1.PEDE Aja Brow !

Jangan takut kita ngomong salah, keluarin aja yang ada dipikiran kamu, lalu sampaikan. Jangan pedulikan semua mata yang memperhatikan kamu. Anggaplah mereka itu bobotoh, dan kamu adalah persib. Mereka itu suporter kamu. Yakinlah, sesungguhnya saat presentasi kamu adalah bintang yang paling ditunggu. Jadi Pede aja ya brow. :D


2. Gak menguasai materi ? Ya, Improvisasi !

Perlu kamu ketahui, para pendengar, dosen atau guru itu gak peduli tentang materi yang akan dibawakan. Mereka hanya peduli bagaimana kamu membawakan materi itu. Jadi gak penting tuh kamu hafal materi ato gak, yang penting kamu ngomongnya enak didengerin, gak ngebosenin, gak bikin ngantuk. Makanya improvisasi aja, artinya walaupun kamu gak tau tu materi tentang apa, kamu jangan jujur ! Bicaralah seolah-seolah kamu ahli dalam bidang itu. Bayangkan kamu itu seperti politikus. Kebanyakan dari mereka sebenernya gak tau apa-apa tuh tentang negara. Tapi karena bisa ngomong dan pinter nge-Les jadilah mereka negarawan yang sukses. :O


3. Bikin Audiens Tertawa !

Ini adalah cara paling ampuh untuk menyegarkan suasana yang krik..krik.. Berilah sedikit joke atu becandaan yang masih berhubungan dengan materimu. Misalkan, kamu sedang membahas tentang masalah Fertilitas atau perkawinan. Kamu boleh aja mengatakan begini. "Sebenernya saya mau memperlihatkan video bagaimana kucing lagi kawin. Tapi berhubung itu termasuk video bok*p yang bisa bikin saya di DO, jadi saya skip aja langsung ke pembahasan perjalanan sperma hingga ketemu si ovum":D


4. Jangan Kelamaan !

Semenarik apapun wajahmu, semerdu apapun suaramu, sehebat apapun pesonamu, selucu apapun joke kamu, Audiens pasti akan bosen dengerin kamu. Oleh karena itu, jangan kelamaan kalo peresentasi ! 5 menit aja cukup.


5. Buat Audiens Penasaran

Kalo kamu udah ngelakuin langkah-langkah diatas 1-4, pasti audiens akan penasaran dan selalu nunggu kamu kalo presentasi. Nah, kalo sudah tahap ini, SELAMAT ! Anda sudah berhasil menaklukan audiens.

Nah, itulah sedikit tips dari saya bagaimana cara agar kita dapat dengan baik dalam membawakan presentasi baik didepan kelas maupun diforum yang lain. SELAMAT MENCOBA !


Tips : Agar lebih mudah dan lebih cepat mendownload, gunakan UC BROWSER, lebih cepat dan tidak repot di banding opera mini. Silahkan download disini GRATIS: UC BROWSER

Related Posts:

KEDAHSYATAN SYI'IR TANPO WATHON

index.jpeg

SYI'IR TANPO WATHON-GUS DUR

Kenapa saya sebut dalam judul bahwa syiir tanpo wathon yang dialunkan oleh Gus Gur ini dahsyat ? Karena setiap saya mendengarkan syiir ini, hati saya selalu terketuk dan bergetar. Seolah saya hanyut dalam kehikmatan yang terkandung dalam tiap baris syair yang sangat indah ini

Suara merdu dari Gus Dur ini membawa kita untuk senantiasa ikhlas dalam hidup ini. Bahwa hidup ini sejatinya bukan untuk meraih kekayaan, ataupun kita bertujuan hanya untuk mencari surga. Tapi hidup ini adalah untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Sehingga hidup kita tenang. Tanpa ada rasa iri maupun dengki. Namun yang ada adalah kedamaian karena rahmat Allah selalu kita syukuri

Sebagai penghormatan kita kepada Gus Dur yang bukan hanya seorang ulama, tapi juga budayawan, humanis, pluralis, pembela minoritas dan segenap gelar lain yang tentulah sangat banyak untuk disebutkan, marilah kita doakan beliau semoga mendapat tempat terbaik oleh Allah SWT. Amiin.

LAHUL FATIHAH

berikut ini saya lampirkan link untuk mendownload audio SYIIR TANPO WATHON-GUSDUR secara gratis dengan klik SYIIR TANPO WATHON.MP3
Tips : Agar lebih mudah dan lebih cepat mendownload, gunakan UC BROWSER, lebih cepat dan tidak repot di banding opera mini. Silahkan download disini secara Gratis untuk semua jenis ponsel : UC BROWSER

Related Posts:

TATACARA TALQIN BASA JAWA

Berikut ini Teks Bacaan Talqin Berbahasa Jawa :

ﺑﺴﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴﻢِ.

ﻵﺍﻟﻪ‎ ‎ﺍﻻّ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ‏

ﻟَﻪُ‏‎ ‎ﺍﻟﻤُﻠْﻚُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟﺤَﻤْﺪُ ﻳُﺤْﻴِﻰ ﻭَﻳُﻤِﻴﺖُ

ﻭَﻫُﻮَ ﺣَﻲٌ ﺩَﺍﺋِﻢٌ ﻻَﻳَﻤُﻮﺕُ ﺑِﻴَﺪِﻩِ‏‎ ‎ﺍﻟْﺨَﻴْﺮُ

ﻭَﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻴْﺊٍ ﻗَﺪِﻳﺮٌ.

ﻛُﻞِّ ﺷَﻴﺊٍ ﻫَﺎﻟِﻚٌ ﺍِﻻَّ ﻭَﺟْﻬَﻪُ.

ﻟَﻪُ‏‎ ‎ﺍﻟْﺤُﻜْﻢُ ﻭَﺍِﻟَﻴْﻪِ ﺗُﺮْﺟَﻌُﻮﻥَ. ﻛُﻞُّ ﻧَﻔْﺲٍ

ﺫَﺍﺋِﻘَﺔُ ﺍﻟﻤَﻮْﺕِ. ﻭَﺍِﻧَّﻤَﺎ ﺗُﻮَﻓَّﻮﻥَ‏‎ ‎ﺍُﺟُﻮﺭَﻛُﻢْ ﻳَﻮﻡَ‏‎ ‎ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ.

ﻓَﻤَﻦْ ﺯُﺣْﺰِ‏‎ ‎ﺡَ‏‎ ‎ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻭَﺍُﺩْﺧِﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻓَﻘَﺪْ‏‎ ‎ﻓَﺎﺯَ.

ﻭَﻣَﺎﺍﻟْﺤَﻴَﻮﺓُ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﺍِﻻَّ ﻣَﺘَﺎﻉُ‏‎ ‎ﺍﻟﻐُﺮُﻭﺭِ. ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺧَﻠَﻘْﻨَﺎﻛُﻢْ, ﻓِﻴْﻬَﺎ‎ ‎ﻧُﻌِﻴْﺪُﻛُﻢْ, ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﻧُﺨْﺮِﺟُﻜُﻢْ ﺗَﺎﺭَﺓً‏‎ ‎ﺍُﺧْﺮَﻯ.

ﻣِﻨْﻬَﺎﺧَﻠَﻘْﻨَﺎﻛُﻢْ ﻟِﻠْﺄَﺟْﺮِ‏‎ ‎ﻭَﺍﻟﺜَّﻮﺍﺏِ.

ﻭَﻓِﻴﻬَﺎ ﻧُﻌِﻴﺪُﻛُﻢْ ﻟِﻠﺪُّﻭﺩِ‏‎ ‎ﻭﺍﻟﺘُّﺮَﺍﺏِ. ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﻧُﺨْﺮِﺟُﻜُﻢْ ﻟَﻠْﻌَﺮْﺽِ‏‎ ‎ﻭَﺍﻟْﺤِﺴَﺎﺏِ. ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻣِﻦَ‏‎ ‎ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺍِﻟَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﻣِﻠَّﺔِ ﺭَﺳُﻮﻝِ‏‎ ‎ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ. ﻫَﺬَﺍﻣَﺎ‎ ‎ﻭَﻋَﺪَ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦُ ﻭَﺻَﺪَﻕَ ﺍﻟْﻤُﺮْﺳَﻠُﻮﻥَ.

ﺍِﻥْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺍِﻻَّ ﺻَﻴْﺤَﺔً ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً ﻓَﺎِﺫَﺍ‎ ‎ﻫُﻢْ ﺟَﻤِﻴﻊٌ‏‎ ‎ﻟَﺪَﻳْﻨَﺎ ﻣُﺤْﻀَﺮُﻭﻥَ.‎

Hai …………….. bin / binti ………… Saiki siro wus ninggalake ndunyo tumuju marang alam kubur, mulo siro ojo nganti lali karo janjimu menowo ora ono pengeran kejobo Gusti Alloh lan Nabi Muhammad iku utusane Alloh. Sa’iki siro manggon ing panggonan sing ora mbok kenal, mulo yen ono Malaikat Alloh loro takon marang siro, ojo nganti siro wedi lan ndredeg. Mangertio siro, Malaikat loro itu yo podo-podo makhluke Alloh. Yen Malaikat loro iku teko lan ngelungguhake siro, sarto takon mangkene : Hai manungso! Sopo pengeranmu?, opo Agomomu?, Sopo Nabimu?, opo aqidahmu (I’tiqodmu)?, ngendi kiblatmu? lan opo sing mbok ucapake naliko siro urip lan mati?. Mulo jawaben kanti teges lan mantep Alloh Pangeranku. Yen siro ditakoni ambal kaping pindo, mulo jawaben Alloh Pangeranku, Yen pitakone diambali maneh kang kaping telu, mulo jawaben kanti teges dan mantep orang perlu wedi : Alloh Pengeranku, Islam Agamaku, nabi Muhammad Nabiku, Kitab Al-Qur’an panutanku, Ka’bah kiblatku, sholat limang wektu kewajibanku, muslimin-muslimat koncoku, urip lan patiku tansah netepi :

ﻻَ ﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻻَّ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻣُﺤَﻤَّﺪٌ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ .

Hai ………….. bin / binti …………..! Gondelono temenan hujjah sing wis tak ajarake marang siro ini. Elingo menowo siro wus manggon ing Alam Barzah tumeko kiamat, yo iku wektu poro makhluk ditangeake songko kubure. Ngertio!, menowo pati iku haq, Alam kubur iku haq, nikmate Alloh iku haq, sikso kubur iku haq, pitakone Malaikat Munkar-Nakir iku haq, dino ditangeake makhluq iku haq, hisab iku haq, syafaat kanjeng Nabi Muhammad iku haq, surgo iku haq, neroko iku haq, ketemu Gusti Alloh iku haq dan Alloh bakal nangeake menungso songko kubur iku haq.

ﻧَﺴْﺘَﻮْﺩِﻋُﻚَ ﺍﻟﻠّﻬُﻢَّ ﻳَﺎ ﺃَﻧِﻴْﺲَ ﻛُﻞِّ ﻭَﺣِﻴْﺪٍ ﻭَﻳَﺎ ﺣَﺎﺿِﺮًﺍ ﻟَﻴْﺲَ ﺑِﻐَﺎﺋِﺐٍ ﺁﻧِﺲْ ﻭَﺣْﺪَﺗَﻨَﺎ ﻭَﻭَﺣْﺪَﺗَﻪُ ﻭَﺍﺭْﺣَﻢْ ﻏُﺮْﺑَﺘَﻨَﺎ ﻭَﻏُﺮْﺑَﺘَﻪُ ﻭَﻟَﻘِّﻨْﻪُ ﺣُﺠَّﺘَﻪُ ﻭَﻻَ ﺗَﻔْﺘِﻨَّﺎ ﺑَﻌْﺪَﻩُ ﻭَﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟَﻨَﺎ ﻭَﻟَﻪُ ﻳَﺎ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ. ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢْ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ. ﺁﻣِﻴْﻦَ‎

---------------------------------------------------

Related Posts:

DOWNLOAD-KHOBBIRI.mp3

KHOBBIRI


ﺧﺒّﺮﻱ ﺧﺒّﺮﻱ ﺧﺒّﺮﻱ ﻳﺎ ﻧﺴﻴﻤﻰ ﻋﻦ ﻣﻐﺮﺍﻡ ﺷﺬﻱ ﻭﺍﻟﻬﺎﻥ
Berilah kabar kepadaku, wahai angin sepoi-sepoi, aku tergila-gila,aku sangat rindu dan bingung
ﻋﺎ ﺷﻖ ﺍﻩ ﻋﺎﺷﻖ ﻋﺎ ﺷﻖ ﺍﻷﻧﻮﺍﺭ
Oh rindu,rindu kepada cahaya
ﺃﻧﺖ ﻋﻨّﻲ ﺗﺸﺘﻜﻲ ﻭﺍﻟﺤﺎﻟﻲ ﻛﻞّ ﺍﻟﻠّﻴﻞ ﺳﻬﺮﺍﻥ
Engkau perintahkan aku mengadu kepadanya, lihatlah keadaanku, sepanjang malam aku begadang
ﻛﻲ ﺍﺭﺃ ﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ ﻛﻲ ﺍﺭﺃ ﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ
Agar aku dapat memandang Nabi al-Mukhtar(nabi pilihan)
ﻣﻦ ﻳّﻠﻤﻨﻲ ﻓﻲ ﻏﺮﺍﻣﻲ ﻃﺎ ﻟﻤﺎ ﻋﺎﺷﻖ ﺟﻤﺎﻟﻚ
Barang siapa,menghina penyakitku, sungguh sangat terlambat karena kerinduanku pada kebaikan kekasihku sudah lama
ﻳﺎﻣﻜﺮّﻡ ﻳﺎ ﻣﻤﺠّﺪ ﻳﺎ ﻣﺆﻳّﺪ ﺑﺎﻟﺸّﻔﺎﻋﺔ
Wahai manusia yang dimuliakan, diagungkan, dikuatkan dengan syafa’at
ﻫﺎﺃﻧﺎ ﺃﻧﺎﻟﻬﺎ
Berilah itu kepadaku

Berikut link untuk mendownload sholawat KHOBBIRI dari habib syech ini secara gratis KHOBBIRI-HABIB SYECH.mp3


Tips : Agar lebih mudah dan lebih cepat mendownload, gunakan UC BROWSER, lebih cepat dan tidak repot di banding opera mini. Silahkan download disini secara GRATIS : UC BROWSER

Related Posts:

TATACARA TALQIN : BHS INDONESIA

Berikut ini Teks Bacaan Talqin Berbahasa Indonesia :

ﺑﺴﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴﻢِ. ﻵﺍﻟﻪ ﺍﻻّ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ ﻟَﻪُ ﺍﻟﻤُﻠْﻚُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟﺤَﻤْﺪُ ﻳُﺤْﻴِﻰ ﻭَﻳُﻤِﻴﺖُ ﻭَﻫُﻮَ ﺣَﻲٌ ﺩَﺍﺋِﻢٌ ﻻَﻳَﻤُﻮﺕُ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮُ ﻭَﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻴْﺊٍ ﻗَﺪِﻳﺮٌ. ﻛُﻞِّ ﺷَﻴﺊٍ ﻫَﺎﻟِﻚٌ ﺍِﻻَّ ﻭَﺟْﻬَﻪُ. ﻟَﻪُ ﺍﻟْﺤُﻜْﻢُ ﻭَﺍِﻟَﻴْﻪِ ﺗُﺮْﺟَﻌُﻮﻥَ. ﻛُﻞُّ ﻧَﻔْﺲٍ ﺫَﺍﺋِﻘَﺔُ ﺍﻟﻤَﻮْﺕِ. ﻭَﺍِﻧَّﻤَﺎ ﺗُﻮَﻓَّﻮﻥَ ﺍُﺟُﻮﺭَﻛُﻢْ ﻳَﻮﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ. ﻓَﻤَﻦْ ﺯُﺣْﺰِﺡَ ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻭَﺍُﺩْﺧِﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻓَﻘَﺪْ ﻓَﺎﺯَ. ﻭَﻣَﺎﺍﻟْﺤَﻴَﻮﺓُ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﺍِﻻَّ ﻣَﺘَﺎﻉُ ﺍﻟﻐُﺮُﻭﺭِ. ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺧَﻠَﻘْﻨَﺎﻛُﻢْ, ﻓِﻴْﻬَﺎ ﻧُﻌِﻴْﺪُﻛُﻢْ, ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﻧُﺨْﺮِﺟُﻜُﻢْ ﺗَﺎﺭَﺓً ﺍُﺧْﺮَﻯ. ﻣِﻨْﻬَﺎﺧَﻠَﻘْﻨَﺎﻛُﻢْ ﻟِﻠْﺄَﺟْﺮِ ﻭَﺍﻟﺜَّﻮﺍﺏِ. ﻭَﻓِﻴﻬَﺎ ﻧُﻌِﻴﺪُﻛُﻢْ ﻟِﻠﺪُّﻭﺩِ ﻭﺍﻟﺘُّﺮَﺍﺏِ. ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﻧُﺨْﺮِﺟُﻜُﻢْ ﻟَﻠْﻌَﺮْﺽِ ﻭَﺍﻟْﺤِﺴَﺎﺏِ. ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻣِﻦَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺍِﻟَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﻣِﻠَّﺔِ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ. ﻫَﺬَﺍﻣَﺎ ﻭَﻋَﺪَ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦُ ﻭَﺻَﺪَﻕَ ﺍﻟْﻤُﺮْﺳَﻠُﻮﻥَ. ﺍِﻥْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺍِﻻَّ ﺻَﻴْﺤَﺔً ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً ﻓَﺎِﺫَﺍ ﻫُﻢْ ﺟَﻤِﻴﻊٌ ﻟَﺪَﻳْﻨَﺎ ﻣُﺤْﻀَﺮُﻭﻥَ.

Hai …………. bin/binti ……………,! Sekarang kamu sudah keluar dari dunia ini beserta kemewahannya, menuju ke alam akhirat, maka dari itu jangan lupa kamu perjanjian ketika kamu di dunia yaitu kesaksian bahwa tidak ada tuhan selain Alloh, dan sesungguhnya nabi Muhammad adalah utusan Alloh. Sekarang kamu berada di suatu tempat yang baru kamu kenal. Jika kamu nanti kedatangan dua Malaikat yang telah diserahi Alloh untuk bertanya kepadamu, maka janganlah kamu takut atau gemetar atau keder menghadapinya. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya dua Malaikat tersebut adalah juga mahluk dari sebagian mahluk Alloh. Jika kedua Malaikat itu datang kepadamu, mendudukkanmu, dan bertanya kepadamu seperti ini : Hai manusia, siapa Tuhanmu, apa agamamu, siapa nabimu, apa I’tiqodmu (kepercayaanmu), dimana kiblatmu dan apa yang kamu ucapkan ketika kamu hidup dan saat mati, maka jawablah dengan jelas dan mantap: Bahwa Tuhanku adalah Alloh. Seandainya kamu ditanya yang kedua kalinya, maka jawablah Alloh Tuhanku. Seandainya kamu ditanya yang ketiga kalinya, maka jawablah dengan mantap, tidak perlu gentar dan takut : Alloh Tuhanku, Islam agamku, Nabi Muhammad Nabiku, Al-Qur’an panutanku, Ka’bah kiblatku, Shalat sehari semalam kewajibanku, semua orang Islam saudaraku. Saya hidup dan mati menetapi ucapan :

ﻻَ ﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻻَّ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻣُﺤَﻤَّﺪٌ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ .

Hai …………. Bin/binti ……………! Pegang teguhlah wahai saudaraku hujjah yang telah saya ajarkan kepadamu ini. Ingatlah kamu sekarang telah menetap di alam barzah sampai hari kiamat, yaitu hari para makhluk dibangkitkan dari kuburnya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya kematian itu haq (benar), Qubur itu haq, nikmat Alloh (didalam kubur) itu haq, siksa qubur itu haq, pertanyaan Malaikat Munkar Nakir itu haq, hari kebangkitan itu haq, hari perhitungan itu haq, syafa’at Nabi Muhammad itu haq, surga itu haq, neraka itu haq, bertemu dengan Alloh itu haq, dan Alloh akan membangkitkan manusia dari alam qubur itu haq.

ﻧَﺴْﺘَﻮْﺩِﻋُﻚَ ﺍﻟﻠّﻬُﻢَّ ﻳَﺎ ﺃَﻧِﻴْﺲَ ﻛُﻞِّ ﻭَﺣِﻴْﺪٍ ﻭَﻳَﺎ ﺣَﺎﺿِﺮًﺍ ﻟَﻴْﺲَ ﺑِﻐَﺎﺋِﺐٍ ﺁﻧِﺲْ ﻭَﺣْﺪَﺗَﻨَﺎ ﻭَﻭَﺣْﺪَﺗَﻪُ ﻭَﺍﺭْﺣَﻢْ ﻏُﺮْﺑَﺘَﻨَﺎ ﻭَﻏُﺮْﺑَﺘَﻪُ ﻭَﻟَﻘِّﻨْﻪُ ﺣُﺠَّﺘَﻪُ ﻭَﻻَ ﺗَﻔْﺘِﻨَّﺎ ﺑَﻌْﺪَﻩُ ﻭَﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟَﻨَﺎ ﻭَﻟَﻪُ ﻳَﺎ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ. ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢْ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ. ﺁﻣِﻴْﻦ‎

Related Posts:

TATA CARA TALQIN TEKS ARAB

Berikut ini adalah teks talqin dalam bahasa arab. Talqin ini dibacakan setelah si mayit telah terkubur. Kemudian si pembaca talqin duduk di depan kubur beserta para petakziyah sambil mendengarkan serta merenungkan isi dari bacaan talqin ini agar senantiasa ingat kematian pasti akan datang

‎ ‎ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟَّﺮَﺣِﻴْﻢِ. ﻛُﻞُّ ﺷَﻴْﺊٍ ﻫَﺎﻟِﻚٌ ﺍِﻻَّ ﻭَﺟْﻬَﻪُ . ﻟَﻪُ ﺍﻟْﺤُﻜْﻢُ ﻭَ ﺍِﻟَﻴْﻪِ ﺗُﺮْﺟَﻌُﻮْﻥَ . ﻛُﻞُّ ﻧَﻔْﺲٍ ﺫَﺍﺋِﻘَﺔُ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕِ . ﻭَ ﺍِﻧَّﻤَﺎ ﺗُﻮَﻓَّﻮْﻥَ ﺍُﺟُﻮْﺭَﻛُﻢْ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ . ﻓَﻤَﻦْ ﺯُﺣْﺰِﺡَ ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﻭَﺍُﺩْﺧِﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻓَﻘَﺪْ ﻓَﺎﺯَ. ﻭَﻣَﺎ ﺍﻟْﺤَﻴَﺎﺓُ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﺍِﻻَّ ﻣَﺘَﺎﻉُ ﺍﻟْﻐُﺮُﻭْﺭِ. ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺧَﻠَﻘْﻨَﺎﻛُﻢْ, ﻭَﻓِﻴْﻬَﺎ ﻧُﻌِﻴْﺪُﻛُﻢْ, ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﻧُﺨْﺮِﺟُﻜُﻢْ ﺗَﺎﺭَﺓً ﺍُﺧْﺮَﻯ. ﻣِﻨْﻬَﺎﺧَﻠَﻘْﻨَﺎﻛُﻢْ ﻟِﻠْﺄَﺟْﺮِ ﻭَﺍﻟﺜَّﻮﺍﺏِ. ﻭَﻓِﻴﻬَﺎ ﻧُﻌِﻴﺪُﻛُﻢْ ﻟِﻠﺪُّﻭﺩِ ﻭﺍﻟﺘُّﺮَﺍﺏِ. ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﻧُﺨْﺮِﺟُﻜُﻢْ ﻟِﻠْﻌَﺮْﺽِ ﻭَﺍﻟْﺤِﺴَﺎﺏِ. ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻣِﻦَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺍِﻟَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﻣِﻠَّﺔِ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ. ﻫَﺬَﺍﻣَﺎ ﻭَﻋَﺪَ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦُ ﻭَﺻَﺪَﻕَ ﺍﻟْﻤُﺮْﺳَﻠُﻮﻥَ. ﺍِﻥْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺍِﻻَّ ﺻَﻴْﺤَﺔً ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً ﻓَﺎِﺫَﺍ ﻫُﻢْ ﺟَﻤِﻴﻊٌ ﻟَﺪَﻳْﻨَﺎ ﻣُﺤْﻀَﺮُﻭﻥَ. ﻳَﺎ ...... ﺑِﻦْ / ﺑِﻨْﺖِ ....... ﻳَﺮْﺣَﻤُﻚَ ﺍﻟﻠَّﻪُ . ﺫَﻫَﺒَﺖْ ﻋَﻨْﻚَ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺯِﻳْﻨَﺘُﻬَﺎ . ﻭَﺻِﺮْﺕَ ﺍْﻵﻥَ ﻓِﻲْ ﺑَﺮْﺯَﺥٍ ﻣِﻦْ ﺑَﺮَﺍﺯِﻳْﺦِ ﺍْﻵﺧِﺮَﺓِ. ﻓَﻼَ ﺗَﻨْﺲَ ﺍﻟْﻌَﻬْﺪَ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻓَﺎﺭَﻗْﺘَﻨَﺎ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻓِﻲْ ﺩَﺍﺭِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﻗَﺪِﻣْﺖَ ﺑِﻪِ ﺍِﻟَﻰ ﺩَﺍﺭِ ﺍْﻵﺧِﺮَﺓِ. ﻭَﻫُﻮَ ﺷَﻬَﺎﺩَﺓُ ﺍَﻥْ ﻻَ ﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻻَّ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻭَ ﺍَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ. ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺟَﺎﺀَﻙَ ﺍﻟْﻤَﻠَﻜَﺎﻥِ ﺍﻟْﻤُﻮَﻛَّﻼَﻥِ ﺑِﻚَ ﻭَﺑِﺄَﻣْﺜَﺎﻟِﻚَ ﻣِﻦْ ﺍُﻣَّﺔِ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﻼَ ﻳُﺰْﻋِﺠَﺎﻙَ ﻭَﻻَ ﻳُﺮْﻋِﺒَﺎﻙَ. ﻭَﺍﻋْﻠَﻢْ ﺍَﻧَّﻬُﻤَﺎ ﺧَﻠْﻖٌ ﻣِﻦْ ﺧَﻠْﻖِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻛَﻤَﺎ ﺍَﻧْﺖَ ﺧَﻠْﻖٌ ﻣِﻦْ ﺧَﻠْﻖِ ﺍﻟﻠَّﻪِ. ﻭَﺍِﺫَﺍ ﺳَﺎَﻻَﻙَ ﻣَﻦْ ﺭَﺑُّﻚَ؟ ﻭَﻣَﺎ ﺩِﻳْﻨُﻚَ؟ ﻭَﻣَﺎ ﺍﻋْﺘِﻘَﺎﺩُﻙَ؟ ﻭَﻣَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻣُﺖَّ ﻋَﻠَﻴْﻪِ؟. ﻓَﻘُﻞْ ﻟَﻬُﻤَﺎ ﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺭَﺑِّﻲْ. ﻭَﺍِﺫَﺍ ﺳَﺄَﻻَﻙَ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻴَﺔَ ﻓَﻘُﻞْ ﻟَﻬُﻤَﺎ ﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺭَﺑِّﻲْ. ﻭَﺍِﺫَﺍ ﺳَﺄَﻻَﻙَ ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺜَﺔَ ﻭَﻫِﻲَ ﺍﻟْﺨَﺎﺗِﻤَﺔُ ﺍﻟْﺤُﺴْﻨَﻰ ﻓَﻘُﻞْ ﻟَﻬُﻤَﺎ ﺑِﻠِﺴَﺎﻥٍ ﻃَﻠْﻖٍ ﺑِﻼَ ﺧُﻮْﻑٍ ﻭَﻻَ ﻓَﺰَﻉٍ. ﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺭَﺑِّﻲْ ﻭَﺍْﻹِﺳْﻼَﻡُ ﺩِﻳْﻨِﻲْ ﻭَﻣُﺤَﻤَّﺪٌ ﻧَﺒِﻴِّـﻲْ ﻭَﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥُ ﺍِﻣَﺎﻣِﻲْ ﻭَﺍﻟْﻜَﻌْﺒَﺔُ ﻗِﺒْﻠَﺘِﻲْ ﻭَﺍﻟﺼَّﻠَﻮَﺍﺕُ ﻓَﺮِﻳْﻀَﺘِﻲْ ﻭَﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤُﻮْﻥَ ﺍِﺧْﻮَﺍﻧِﻲْ ﻭَﺍِﺑْﺮَﺍﻫِﻴْﻢُ ﺍﻟْﺨَﻠِﻴْﻞُ ﺍَﺑِﻲْ ﻭَﺍَﻧَﺎ ﻋِﺸْﺖُ ﻭَﻣُﺖُّ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﻮْﻝِ ﻻَ ﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻻَّ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻣُﺤَﻤَّﺪٌ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ . ﺗَﻤَﺴَّﻚْ ﺑِﻬَﺬِﻩِ ﺍﻟْﺤُﺠَّﺔِ ﻳَﺎ ........ ﺑِﻦْ ........ ﻭَﺍﻋْﻠَﻢْ ﺍَﻧَّﻚَ ﻣُﻘِﻴْﻢٌ ﺑِﻬَﺬَﺍ ﺍﻟْﺒَﺮْﺯَﺥِ ﺍِﻟَﻰ ﻳَﻮْﻡِ ﻳُﺒْﻌَﺜُﻮْﻥَ. ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻗِﻴْﻞَ ﻟَﻚَ ﻣَﺎ ﺗَﻘُﻮْﻝُ ﻓِﻲْ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺮُّﺟُﻞِ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺑُﻌِﺚَ ﻓِﻴْﻜُﻢْ ﻭَﻓِﻰ ﺍﻟْﺨَﻠْﻖِ ﺍَﺟْﻤَﻌِﻴْﻦَ. ﻓَﻘُﻞْ ﻫُﻮَ ﻣُﺤَﻤَّﺪٌ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺟَﺎﺀَﻧَﺎ ﺑِﺎﻟْﺒَﻴِّﻨَﺎﺕِ ﻣِﻦْ ﺭَﺑِّﻪِ ﻓَﺎﺗَّﺒَﻌْﻨَﺎﻩُ ﻭَﺁﻣَﻨَّﺎ ﺑِﻪِ. ﻓَﺈِﻥْ ﺗَﻮَﻟَّﻮْﺍ ﻓَﻘُﻞْ ﺣَﺴْﺒِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻻَ ﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻻَّ ﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺗَﻮَﻛَّﻠْﺖُ ﻭَﻫُﻮَ ﺭَﺏُّ ﺍﻟْﻌَﺮْﺵِ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢِ. ﻭَﺍﻋْﻠَﻢْ ﺍَﻥَّ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕَ ﺣَﻖٌّ ﻭَﺍَﻥَّ ﻧُﺰُﻭْﻝَ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ ﺣَﻖٌّ ﻭَ ﺍَﻥَّ ﺳُﺆَﺍﻝَ ﻣُﻨْﻜَﺮٍ ﻭَﻧَﻜِﻴْﺮٍ ﺣَﻖٌّ ﻭَﺍَﻥَّ ﺍﻟْﺒَﻌْﺚَ ﺣَﻖٌّ ﻭَﺍَﻥَّ ﺍﻟْﺤِﺴَﺎﺏَ ﺣَﻖٌّ ﻭَﺍَﻥَّ ﺍﻟْﻤِﻴﺰَﺍﻥَ ﺣَﻖٌّ ﻭَﺍَﻥَّ ﺍﻟﺼِّﺮَﺍﻁَ ﺣَﻖٌّ ﻭَﺍَﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺎﺭَ ﺣَﻖٌّ ﻭَﺍَﻥَّ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﺣَﻖٌّ ﻭَﺍَﻥَّ ﺍﻟﺴَّﺎﻋَﺔَ ﺁﺗِﻴَﺔٌ ﻻَ ﺭَﻳْﺐَ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَ ﺍَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳَﺒْﻌَﺚُ ﻣَﻦْ ﻓِﻰ ﺍﻟْﻘُﺒُﻮْﺭِ

Sampai di sini pembacaan Talqin mayit, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa. Pada saat dibacakan doa, semua pelayat atau pengiring disunnahkan duduk dan mengamini doa tersebut. Berikut ini teks doanya:

ﻧَﺴْﺘَﻮْﺩِﻋُﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬـُﻢَّ ﻳَﺎ ﺃَﻧِﻴْﺲَ ﻛُﻞِّ ﻭَﺣِﻴْﺪٍ ﻭَﻳَﺎ ﺣَﺎﺿِﺮًﺍ ﻟَﻴْﺲَ ﺑِﻐَﺎﺋِﺐٍ, ﺁﻧِﺲْ ﻭَﺣْﺪَﺗَﻨَﺎ ﻭَﻭَﺣْﺪَﺗَﻪُ ﻭَﺍﺭْﺣَﻢْ ﻏُﺮْﺑَﺘَﻨَﺎ ﻭَﻏُﺮْﺑَﺘَﻪُ ﻭَﻟَﻘِّﻨْﻪُ ﺣُﺠَّﺘَﻪُ ﻭَﻻَ ﺗَﻔْﺘِﻨَّﺎ ﺑَﻌْﺪَﻩُ ﻭَﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟَﻨَﺎ ﻭَﻟَﻪُ ﻳَﺎ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ.

“Kami menitipkan saudaraku kepada-Mu ya Allah, Ya Tuhan yang memberi kesenangan setiap orang yang mendirikan, Ya Tuhan yang selalu hadir tidak pernah absen berilah kesenangan atas kesendirian saudaraku ini. Kasihanilah pengembaraan kami dan pengembaraan saudara kami ini, peringatkanlah dua dari hujjah yang telah kami ajarkan kepadanya, janganlah Engkau menfitnah kami sesudah dia meninggal dan ampunilah kami dan dia wahai Tuhan seluruh Alam”.

ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢْ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ. ﺁﻣِﻴْﻦ

Related Posts:

Kyai

SANG KIYAI

Oleh: Hakam Ahmed ElChudrie

kyai-2.jpg

Dalam budaya Jawa Islam tradisional, sosok kiai merupakan tokoh sentral yang memainkan peran penting dalam menggerakkan aksi-aksi sosial keagamaan dan aksi politik di masyarakat. Kiai merupakan gelar sakral dalam tradisi Jawa yang tidak mungkin diperoleh sembarang orang, melainkan hanya manusia-manusiaterpilih yang dianugerahi keutamaan oleh Allah SWT.

[1] Hal tersebut menempatkan kiai dalam posisi terhormat karena disokong oleh legitimasi kultural berupa pengakuan dari masyarakat sekitar.

[2] Semakin banyak masyarakat yang mengakuinya, maka semakin kuat pengaruhnya di hadapan publik. Pengakuan masyarakat terhadap entitas kekiaian seseorang dapat diukur dari beberapa parameter sosiologis. Aboebakar Atjeh misalnya, meletakkan empat faktor dasar penilaian seseorang dapat dikategorikan sebagai kiai, yakni 1). Faktor pengetahuan. 2). Kesalehan. 3). Keturunan. 4). Jumlah murid atau pengikut.

[3]Parameter ini relatif sebanding dengan gagasan Vredenbergt, di mana faktor pengabdian masyarakat menjadi poin terpenting dalam penilaiannya terhadap entitas kiai. Sementara itu, Karl A. Steenbrink meletakkan lima kriteria berbeda, yakni 1). Prinsip keluarga dan keturunan. 2). Ortopraksi/ kesalihan kiai. 3). Pengabdian masyarakat. 4). Prinsip interpretasi yang berwibawa, dan 5). Prinsip wahyu.

[4] Mudjahirin Tohir mendefinisikan entitas seorang kiai dengan memasang tiga parameter mendasar. Ada tiga elemen penting yang menentukan seseorang dapat disebut kiai atau tidak;

Pertama, penguasaan dan pemahaman keagamaan yang relatif lebih tinggi dan lebih baik dibandingkan pengetahuan masyarakat di lingkungannya. Kedua, dengan pemahaman yang baik tadi akan melahirkan sikap atau mentalitas yang baik bagi dirinya,tepatnya tercermin dalam visi geraknya. Jadi jika seseorang belum mampu memegang komitmen pada ajaran amar makruf nahi munkar, maka layak untuk diragukan kekiaiannya.

Ketiga, dengan visi dan sikap tadi, dia bisa memberikan pengaruh berupa keteladanan, komitmen serta konsistensi terhadap perilakunya sendiri. Jika seseorang tidak memiliki ketiga kategori tadi, maka seseorang tersebut harus didefinisikan kembali apakah dia seorang kiai atau tidak.

Berdasarkan ukuran-ukuran personal tersebut di atas seseorang dapat menjalankan fungsi kekiaian sebagai pemimpin religio-kultural dalam masyarakat. Dalam fungsi sosialnya sebagai penjaga tradisi, Zamachsari Dhofir mengibaratkan kiai sebagai raja kecil yang memegang sumber mutlak kekuasaan dan kewenangan (power and authority) dalam tatanan sosial masyarakat pesantren, di mana pesantren disimbolkan sebagai miniatur kehidupan masyarakat luas yang sesungguhnya. Kiai memiliki kekuatan otoritas kultural yang tidak hanya berkutat pada lingkaran masyarakat sekitar pesantren, melainkan menyebar hingga menembus jaringan-jaringan sosial dalam skala makro.

[5]Menurut Endang Turmudzi, kemampuan itu dipengaruhi oleh dua faktor utama yang mendukung posisi kuat kiai di hadapan masyarakat.

Pertama, kiai adalah orang berpengetahuan luas yang kepadanya masyarakat menimba pengetahuan, meminta pertimbangan dalam banyak hal dan mencari jalan keluar atas setiap persoalan, menjadikan kiai benar-benar dekat dengan masyarakatnya. Kedua, faktor ekonomi dan kekayaan kiai. Kepemimpinan kiai ditaati karena terdapat kekuatan kharisma atau kewibawaannya, di mana kekayaan menjadi penopang kharisma kiai. Umumnya keluarga kiai relatif kaya. Melalui kekayaannya tersebut, kiai dapat menciptakan “pola patronase” yang bisa menghubungkan kepada kekuatan-kekuatan sosial dalam masyarakat, hal ini sangat menopang kualitas kedudukan dan kepemimpinan kulturalnya di hadapan umat.

Para kiai kharismatik yang memiliki otoritas kultural-politik yang relatif kuat di aras lokal maupun nasional berdomisili dalam tiga variasi culture area di Jawa Tengah. Ada sederet nama masyhur kiai di Jawa Tengah yang sering disebut di antaranya adalah KH. Sahal Mahfudz (Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia) berdomisili di Pati, KH. Mustofa Bisri (Syuriah PBNU Indonesia) berdomisili di Rembang, KH. Abdurahman Chudlori (Dewan Syuro PKB) berdomisili di Magelang, KH. Muhaiminan Gunardo di Temanggung, KH. Munif Zuhri di Girikusumo Demak, Habib Lutfi (Ketua Jamaah Thoriqoh Qodariyah Naqsyabandiyah Indonesia) berdomisili di Pekalongan, KH. Dimyati Rois di Kaliwungu Kendal, KH. Ahmad Sya’roni di Kudus, KH. Masruri Abdul Mughni (Rois Syuriah NU Jawa Tengah) di Brebes, KH. Hanif Muslih (Ketua PW PKB Jawa Tengah) di Mranggen Demak, dan lain sebagainya.

Related Posts:

ALBUM SHOLAWAT LANGITAN Vol. 2

Sebelum Mendownload Sholawat.mp3 dibawah ini saya sarankan agar anda memakai browser UC, lebih cepat dan lebih mudah hingga 90% anda bisa mendownload secara gratis Unduh UCBrowser

Dibawah ini saya sajikan ALBUM SHOLWAT LANGITAN VOL. 2 setelah sebulumnya telah diposting SHOLAWAT LANGITAN VOL 1

Tips : Agar lebih mudah dan lebih cepat mendownload, gunakan UC BROWSER, lebih cepat dan tidak repot di banding opera mini. Silahkan download disini : UC BROWSER

ALAIKA SHOLALLAH

ANAL ISLAM

YA ALLAH BIHA

DOA AT THOLABAH

ADDINULANA

ILLA ROSULALLAH

A'BUDU

HABLI HUDAYA

ROYATUL HUBBI

AFNAITU QOLBI

QOD KAFFANI

AJMALA DZIKRO

AL AQLU

AL QOLBU MUTTAYAM

AMSAKTU NAFSIH

WAKTU SAHAR

ANA MUSLIMUN

WASFUN NABI

THOBAATKA

ASUBHU BADA

ASYROFUL KHOLQI

Related Posts: